Selasa, 06 November 2012

English Grammar

PELAJARAN 1

Ok selamat datang di pelajaran 1
Untuk pelajaran 1 ini kita akan belajar menggunakan 2 kalimat ini , baca dengan suara keras dan
bayangkan anda sedang bepergian ke negara yang menggunakan bahasa Inggris, bayangkan betapa
mudahnya ngomong dalam bahasa Inggris
Kalimat 1 : ENGLISH IS NOT DIFFICULT (bahasa inggris tidak sulit)
Kalimat 2 : ENGLISH IS EASY (bahasa inggris itu mudah)
Ucapkan 2 kalimat ini berulang-ulang sampai anda yakin bahwa memang tidak sulit untuk belajar
bahasa Inggris. Setelah itu lanjutkan ke pelajaran 2


PELAJARAN 2 : GRAMMAR

Grammar atau tata bahasa. Dalam pengajaran bahasa Inggris selalu ada 2 pendapat:
1. Grammar tidak perlu. Hal ini ada benarnya karena kita sebagai pemakai bahasa Indonesia juga
tidak mengerti grammar sampai kita paham hal itu dari sekolah. Begitu lahir kita langsung diajak
bicara tanpa pernah tahu tentang grammar, toh kita bisa juga lancar bicara dalam bahasa Indonesia.
Tapi cara seperti ini memerlukan lingkungan yang mendukung. Jika kita mau memakai cara ini adalah
dengan secara langsung memasuki lingkungan yang berbahasa Inggris sepenuhnya dalam jangka
waktu tertentu.
2. Grammar itu perlu. Hal ini didasarkan pandangan bahwa bahasa Inggris yang kita pelajari adalah
sebagai bahasa asing (bahasa ke dua). Oleh sebab itu kita perlu tahu dulu bagaimana menyusun
kalimat menurut aturan yang ada dalam bahasa Inggris.
Kita bisa memilih salah satu dari kedua cara tersebut disesuaikan dengan lingkungan kita berada.
Dalam blog ini saya akan beracuan dari pendapat ke dua. Dan di sini kita akan belajar lebih dahulu
tentang teori grammar secara praktis.


PELAJARAN 3 : GRAMMAR - SENTENCE (Kalimat)

Langkah pertama untuk belajar grammar adalah memahami bagaimana sebuah kalimat disusun.
Kalimat selalu disusun dalam pola :
SUBYEK-PREDIKAT-OBYEK-KETERANGAN
Seluruh pelajaran tata bahasa akan berkutat di 4 hal utama ini yaitu tentang
1. Subyek (orang atau sesuatu yang melakukan suatu pekerjaan)
2. Predikat (pekerjaan yang dilakukan oleh subyek terhadap suatu obyek)
3. Obyek (adalah sesuatu yang menjadi sasaran pekerjaan dari subyek)
4. Keterangan (menerangkan tentang waktu,tempat,bagaimana caranya,mengapa dsb)
Nah, sampai di sini coba pahami benar tentang pola dasar kalimat ini dengan sungguh-sungguh,
masukkan kata Subyek-predikat-obyek dan keterangan dalam benak anda.
latihan : buatlah beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia dengan pola SPOK ini misal : SAYABELAJAR-
BAHASA INGGRIS-SETIAP HARI
Renungkan dan pahami....ketika pengertian sudah muncul di benak dan hati anda, lanjutkan ke
pelajaran berikutnya


PELAJARAN 4 : SENTENCE - SUBJECT

Di pelajaran 4 ini kita akan memasuki pelajaran tentang SUBYEK/SUBJECT.
Kita ulang, Subject adalah ORANG (person) atau SESUATU (something) yang melakukan suatu
kegiatan/pekerjaan.
Subyek orang(person) mempunyai namanya masing-masing , misal Ali, Budi , Susi, Shinta dsb.
Sedangkan sesuatu (something) bisa berupa nama benda atau binatang. Misal kucing yang bernama
si Manis, Anjing yang bernama Helly dsb.
Sampai di sini tolong dipahami sejenak.............
Nah dilanjut.....
Misal saya bernama Edi, saya akan mengatakan bahwa saya sedang melakukan sesuatu dalam
suatu kalimat saya akan berkata: Edi membaca buku di ruang tamu.
Yang perlu kita pahami sekarang adalah bahwa tidak mungkin kita akan menyebutkan nama secara
terus menerus dalam suatu pembicaraan, contoh
Anton : Hallo Edi bagaimana kabarmu?
Edi : Ohhh Edi baik-baik saja, bagaimana kabar Anton?
Anton : Anton baik-baik saja Edi mau ke mana?
Agak ribet bukan? Nah untuk mempermudah suatu pembicaraan, tata bahasa menyediakan suatu
kata yang disebut dengan KATA GANTI Benda (pronoun)
Dalam bahasa Inggris PRONOUN (kata ganti) terdiri dari :
I (ai) = SAYA
YOU (yu) = Kamu
SHE (si) = Dia (perempuan)
HE (hi) = Dia (laki-laki)
They (dei) = mereka
WE (wi) = kami
IT (it) = ini/itu untuk menggantikan benda yang bukan orang.
Nah..bisa kita kihat bagaimana jadinya jika tidak ada 7 kata ganti ini dalam pembicaraan, kita harus
terus menerus menyebutkan NAMA orang atau benda satu persatu. Sangat tidak praktis
Pemahaman ini akan saya jelaskan lagi di pelajaran 5. Selamat merenungkan dan memahami
pelajaran ini


PELAJARAN 5 : SUBJECT - PRONOUN

Dalam suatu percakapan selalu melibatkan beberapa pihak. Pihak-pihak tersebut adalah :
1. I (saya) Kata ganti orang pertama
2. You (kamu) Kata ganti orang kedua
3. She/He (dia) Kata ganti orang ketiga tunggal
4. We (kami) kata ganti orang pertama tunggal
5.They (mereka) Kata ganti orang ketiga jamak
Jadi kesimpulannya dalam suatu percakapan selalu ada Orang pertama, orang kedua, dan orang
ketiga.
Yang perlu diperhatikan.
Orang pertama : adalah orang yang BERBICARA dalam suatu percakapan.
Orang ke dua : adalah orang yang MENDENGARKAN orang pertama berbicara, orang kedua ini tidak
pernah berbicara, ketika YOU (kamu) berbicara dia berubah menjadi I (saya)
Orang ke tiga : adalah orang yang DIBICARAKAN dalam percakapan antara Pihak pertama (I) dan
pihak ke dua (You). Orang ketiga ini juga tidak pernah berbicara dalam suatu percakapan.
Nah sekali lagi coba bayangkan ketika tata bahasa tidak pernah menciptakan kata ganti, maka akan
terjadi banyak kesulitan dan kekacauan komunikasi.
Contoh :
1. Ketika anda mau bertanya nama seseorang, maka anda akan bertanya dengan cara
begini:"Hai....siapa nama......? (anda bertanya sambil menunjuk muka orang itu, karana tidak ada kata
ganti "KAMU")
2. Ketika anda sedang berbicara dengan seseorang dan ada orang lain yang lewat dan kita tidak
tahu namanya maka akan timbul percakapan yang sulit seperti ini : "Hai....(anda menunjuk lawan
bicara) ......kenal sama........(anda menunjuk orang yang lewat tersebut, karena tidak ada kata ganti
"DIA")
Semoga anda menjadi jelas tentang Kata ganti dan peranannya dalam percakapan sehari-hari.
Latihan : Gunakan pronoun yang sudah anda pelajari dalam percakapan. I, YOU, SHE, HE,
THEY,WE.
Saran : Jika anda hanya mempunyai 6 kata ini, tetapi usahakan gunakan dalam percakapan
sebisanya.
Selamat merenungkan dan berlatih.


PELAJARAN 6 : Mulai berbicara dalam Bahasa Inggris

Sebelum kita lanjutkan pelajaran tentang Subyek-predikat-Obyek-keterangan, saya ingin sharing
tentang kesulitan banyak orang mulai menggunakan Bahasa Inggris. Mungkin anda sudah
berkomitmen untuk berbahasa Inggris, tetapi ketika anda ingin memulainya, terjadi kebuntuan
pikiran...harus ngomong mulai dari mana? Nah untuk memulai berlatih berbicara bahasa Inggris
adalah menggunakan semaksimal mungkin kosa kata yang anda miliki dalam percakapan. Jangan
takut dikira sombong kalau memang tujuan anda adalah tidak untuk menyombongkan diri.
Nah, ketika mulai berlatih berbicara cobalah berlatih dengan menggunakan pola S-P-O-K ini. Pola
pikirnya adalah:
1. Siapa yang berbicara? (gunakan I,You,He,She,They,We,It/name)
2.Melakukan apa?
3.Melakukan terhadap apa?
4.Di mana, kapan,bagaimana?
Aplikasi: Ketika anda sedang membuka pintu anda bisa mengucapkan tindakan anda tersebut dalam
bahasa Inggris. Anda ucapkan agak keras > I-OPEN-The DOOR-Everyday
Latihan : Hari ini cobalah mengucapkan beberapa kegiatan anda dalam bahasa Inggris dengan pola
di atas. Dan (maaf) apabila anda tidak punya satu kosa katapun dalam Bahasa Inggris dan anda
hanya punya Kata Ganti yang saya sebutkan di atas, gunakan kata-kata tersebut sesering dan
semaksimal mungkin. Anda bisa berlatih dengan cara seperti ini: I-membuka-pintu-setiap hari, Shemembaca-
buku, They-bermain-bola dsb


PELAJARAN 7 : PREDICATE (Predikat)

Dasar kita adalah pola kalimat S-P-O-K, dalam bab sebelumnya sudah kita pelajari tentang Subyek
dan pronoun.
Dan sekarang kita akan mempelajari tentang PREDIKAT
Predikat adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Subyek.
Predikat dalam tata bahasa terdiri dari:
1.KATA KERJA (VERB)
2.KATA KERJA Bantu (auxilliary verb)
Sebelum kita bahas dengan detail tentang KATA KERJA, saya akan menjelaskan kembali tetang
KALIMAT.
Pada dasarnya ada 2 jenis kalimat yaitu :
1.Kalimat yang memiliki KATA KERJA (VERB) :KALIMAT VERBAL
2.Kalimat yang tidak memilki KATA KERJA : KALIMAT NON VERBAL
contoh 1 : Saya MENULIS surat > predikatnya adalah KATA KERJA
contoh 2 : Saya adalah seorang dokter > predikatnya adalah BUKAN KATA KERJA
Nah pelajaran tentang KATA KERJA dan KATA KERJA bantu akan berawal dari pemahaman ini.
Latihan : Buatlah beberapa kalimat dalam bahasa Indonesia yang mempunyai kata kerja dan kalimat
yang tidak memiliki kata kerja.


PELAJARAN 8 : VERB (Kata Kerja)

Kata kerja (verb) terdiri dari dua bagian :
1. Kata kerja beraturan (regular verb)
2. Kata kerja tidak beraturan (irregular verb)
Mengenai ini akan kita bahas dalam bab tersendiri.
Kata kerja adalah kata yang digunakan untuk menyebut suatu kegiatan atau pekerjaan yang
dilakukan oleh I-YOU-WE-HE-SHE-THEY-IT
Contoh:
* Write (menulis)
* Read (membaca)
* Study (belajar)
* Type (mengetik)
Anda bisa mulai berlatih menuliskan sebanyak mungkin kata kerja dalam bahasa Indonesia,
kemudian mencari padanannya dalam Bahasa Inggris dengan melihatnya di kamus.
Untuk latihan mengembangkan kosa kata akan dibahas dalam bab-bab berikutnya.
Latihan : Tuliskan kegiatan anda hari ini sejak bangun pagi. Tuliskan setiap kata kerja yang bisa anda
identifikasi. Cari padanannya dalam Bahasa Inggris dengan kamus.


PELAJARAN 9 : VERB (Kata Kerja)

Latihan menggunakan kata kerja dalam percakapan.
Seperti yang saya katakan di baba sebelumnya bahwa untuk mulai berbicara dalam Bahasa Inggris
kita bisa memulai dengan berpikir
1. SIAPA YANG BERBICARA? > gunakan SUBJECT > They-we-I-You-He-She-It/Name
2.Subyek MELAKUKAN APA? > gunakan kata kerja.
Nah sesuai dengan prinsip bahwa bayi juga berbicara sedikit demi sedikit maka anda juga bisa
berlatih bahasa Inggris sedikit demi sedikit.
Contoh latihan : Anda bisa mulai mengucapkan kegiatan yang anda lakukan dalam Bahasa Inggris.
Misalnya ketika sedang berada di rumah:
* Anda baru bangun tidur anda katakan dengan keras I WAKE UP!
* Kemudian anda duduk dan mengatakan I SIT!
* Anda pergi ke kamar mandi dan membuka pintu kamar mandi dan mengatakan : I OPEN!
* Anda mandi sambil berkata I take a bath!
Lakukan terus latihan ini sepanjang hari, hanya 2 suku kata tapi terus menerus. Gunakan kata ganti
secara berurutan sesuai dengan situasi yang anda lihat.Dan jangan lupa untuk terus menambah
jumlah kata kerja, dengan bertanya atu dengan kamus.
Selamat berlatih .....sedikit demi sedikit akan menjadi bukit.....


PELAJARAN 10 : KATA KERJA untuk SHE dan HE

HE dan SHE/It adalah kata ganti untuk orang/sesuatu ke-3. Khusus untuk kata ganti ini ada
perbedaan dalam penggunaan KATA KERJA yang mengikutinya.
Kekhususan ini adalah penambahan akhiran S/ES di belakang kata kerja yang mengikuti kata ganti
SHE dan HE
Contoh : I go menjadi SHE goes. We play menjadi He plays
Mengapa hal ini bisa terjadi? Banyak yang mengatakan bahwa MEMANG BEGITU
PERATURANNYA, tetapi sesungguhnya ada alasan yang logis untuk hal ini yang akan saya jelaskan
di pelajaran-pelajaran selanjutnya.
Peraturan penambahan S/ES secara sederhana adalah sebagai berikut:
1. Secara umum caranya adalah dengan penambahan S di belakang huruf
2. Apabila KATA KERJA diakhiri oleh huruf S,X,Ch,Sh,dan O maka diakhiri dengan ES. Contoh :
Pass=Passes, watch=watches, box=boxes, go=goes
3. Apabila kata kerja diakhiri oleh huruf Y maka KATA KERJA harus ditambahkan i+ES, Contoh Try
= tries, Study=studies,Cry=cries, carry=carries
4. Apabila Y didahului vocal maka kata kerja hanya ditambah S saja. Contoh play=plays,
say=says,obey=obeys,pray=prays,lay-lays


PELAJARAN 11 : IRREGULAR VERB (Daftar kata kerja tak beraturan)

Berikut ini adalah daftar kata kerja tak beraturan yang dimulai oleh huruf B. Mengapa disebut tidak
beraturan? Secara singkat jawabannya adalah karena perubahan dari bentuk pertama kedua dan
ketiga tidak beraturan. Mengapa kok ada bentuk 1, 2, dan 3? Untuk pertanyaan ini akan kita bahas
lebih detail di pelajaran selanjutnya. Saat ini cobalah untuk menghafalkan dan menggunakan daftar
kata kerja di bawah ini
be was- were been = Ada
become-became- become = menjadi
begin- began- begun = memulai
bend- bent-bent = mengikat
bite-bit-bitten = menggigit
blow-blew-blown = meniup
break-broke-broken = mematahkan
bring-brought-brought = membawa
broadcast-broadcast-broadcast = menyiarkan
build-built-built = membangun
buy-bought-bought = membeli
untuk ketiga bentuk ini usahakan jangan dibaca satu per satu, anda jangan berpikir begini : bentuk 1
BREAK bentuk 2 BROKE bentuk3 BROKEN artinya mematahkan.
Tetapi lafalkan ketiga bentuk kata kerja tersebut sebagai satu kesatuan :
Baca : breakbrokebroken = mematahkan, bringbroughtbrought = membawa.
Kebiasaan membaca seperti ini sangat membantu ketika anda mempelajari tenses.
Latihan : gabungkan dengan KATA GANTI (pronoun) dan ucapkan sesering mungkin dalam
percakapan. Untuk latihan ini gunakan hanya bentuk yang pertama saja:
She buys, they build, I bring dst (perhatikan penambhan S dan ES untuk kata kerja yang mengikuti
HE dan SHE


PELAJARAN 12 : IRREGULAR VERB (Daftar kata kerja tak beraturan)

Berikut ini daftar kata kerja tidak beraturan (Irregular verb)
Berawalan huruf C
catch caught caught = menangkap
choose chose chosen = memilih
come came come = datang
cost cost cost = harga
cut cut cut = memotong
Berawalan huruf D
dig dug dug = menggali
do did done = mengerjakan
draw drew drawn = menenggelamkan
drink drank drunk = minum
drive drove driven = mengendarai
Berawalan huruf E
eat ate eaten = makan
Berawalan huruf F
fall fell fallen = menjatuhkan
feed fed fed = memberi makan
feel felt felt = merasakan
fight fought fought = berkelahi
find found found = menemukan
fit fit fit = menetapkan
fly flew flown = menerbangkan
forget forgot forgotten = melupakan
forgive forgave forgiven = memaafkan
freeze froze frozen = membekukan
Menguasai kata kerja tidak beraturan merupakan 50% penguasaan bahasa inggris


PELAJARAN 13 : IRREGULAR VERB (Daftar kata kerja tak beraturan)

Berawalan huruf G
get got gotten = memperoleh
give gave given = memberikan
go went gone = pergi
grow grew grown = menumbuhkan / tumbuh
Berawalan huruf H
hang hung hung = menggantung
have had had = mempunyai
hear heard heard = mendengarkan
hide hid hidden = menyembunyikan
hit hit hit = memukul
hold held held = memegang
hurt hurt hurt = melukai
Berawalan huruf K
keep kept kept = memelihara
know knew known = mengetahui
Berawalan huruf L
lay laid laid = berbaring
lead led led = memimpin
leave left left = meninggalkan
lend lent lent = meminjam
let let let = membiarkan
lie lay lain = membohongi
light lit (lighted) lit (lighted) = menerangi
lose lost lost = kehilangan
Berawalan huruf M
make made made = membuat
mean meant meant = bermaksud
meet met met = bertemu
Berawalan huruf P
pay paid paid = membayar
put put put = meletakkan
Berawalan huruf Q
quit quit quit = keluar
Berawalan huruf R
read read read = membaca
ride rode ridden = mengendarai
ring rang rung = membunyikan
rise rose risen = menerbitkan
run ran run = berlari


PELAJARAN 14 : IRREGULAR VERB (Daftar kata kerja tak beraturan)

Berawalan huruf S
say said said = mengatakan
see saw seen = melihat
sell sold sold = menjual
send sent sent = mengirimkan
set set set = menyiapkan / mengatur
shake shook shaken = menggoncangkan / mengocok
shoot shot shot = menembak
shut shut shut = menutup
sing sang sung = menyanyi
sit sat sat = duduk
sleep slept slept = tidur
slide slid slid = meluncur
speak spoke spoken = berbicara
spend spent spent = menggunakan
spread spread spread = memisahkan
stand stood stood = berdiri
steal stole stolen = mencuri
stick stuck stuck = melekatkan
strike struck struck = menyerang
swear swore sworn = bersumpah
sweep swept swept = menyapu
swim swam swum = berenang
Berawalan huruf T
take took taken = mengambil
teach taught taught = mengajar
throw threw thrown = melemparkan
Berawalan huruf U
understand understood understood = mengerti
upset upset upset = sedih
Berawalan huruf W
wake woke waked = membangunkan
wear wore worn = memakai
win won won = memenangkan
withdraw withdrew withdrawn = menarik
write wrote written = menulis


PELAJARAN 15 : IRREGULAR VERB (Daftar kata kerja tak beraturan)

Daftar kata kerja yang tercantum dalam pelajaran sebelumnya adalah kata kerja yang sering
dugunakan dalam percakapan sehari-hari, berikut ini jumlah seluruh daftar kata kerja berdasarkan
huruf awalnya.
Huruf A = 3 kata
Huruf B = 39 kata
Huruf C = 12 kata
Huruf D = 9 kata
Huruf E = 1 kata
Huruf F = 20 kata
Huruf G = 9 kata
Huruf H = 10 kata
Huruf I = 1 kata
Huruf K = 4 kata
Huruf L = 12 kata
Huruf M = 13 kata
Huruf O = 31 kata
Huruf P = 4 kata
Huruf Q = 1 kata
Huruf R = 18 kata
Huruf S = 62 kata
Huruf T = 9 kata
Huruf U = 10 kata
Huruf W = 16 kata
Mengetahui jumlah kata dalam tiap huruf awal memudahkan kita untuk menghafalkan, misalnya
Untuk Huruf E hanya ada 1 kata kerja tidak beraturan yaitu Eat, ate ,eaten


Pelajaran 16 : OBJECT (Obyek)

Pada bab awal kita sudah mengetahui tentang struktur kalimat yaitu S-P-O-K.
Sampai hari ini jika anda terapkan pelajaran yang sudah diberikan, anda sudah memiliki kemampuan
untuk berkata-kata dalam bahasa Inggris dengan hanya 2 suku kata yaitu dengan menggunakan
Subyek (They-We-I-You-He-She-It) dan Kata kerja (verb)
contoh : I write, She talks, They work, We buy, He goes dsb. Gunakan 2 suku kata ini sebanyak
mungkin.
Nah sejenak akan kita tinggalkan pendalaman tentang kata kerja, sekarang kita akan beralih ke
pelajaran tentang OBYEK.
Obyek (object) pada dasarnya adalah KATA BENDA, yang terdiri dari Orang (person) dan Benda
(thing).
Contoh dalam kalimat : I read a Book, She plays piano, We buy fruit.
Untuk mengembangkan perbendaharaan kata ( vocabulary) dalam kata benda (Noun) ini bisa dengan
menggunakan cara sebagai berikut:
1. Ambil satu kata misal BUAH, cari padanan kata BUAH dalam kamus, maka akan kita temukan
kata dalam Bahasa Inggris yaitu FRUIT
2. Sekarang letakkan kata FRUIT di tengah dan buatlah lingkaran mengelilingi kata ini.
3. Carilah 4 kata yang berhubungan dengan kata Fruit.
Lakukan latihan sederhana ini untuk tiap kata benda. Lebih baik sebelum tidur, karena otak sedang
dalam kondisi santai dan lebih mudah menyerap. Meskipun mengantuk lakukan latihan ini. Tidak
hafal saat itu juga? Tidak apa-apa, karena otak sudah menyimpannya secara otomatis, dan suatu
saat siap anda akses.
Tentang over learning
Sebelum kita melanjutkan pelajaran tentang NOUN (kata benda), saya ingin sharingkan tentang satu
istilah yaitu OVER LEARNING.
Over learning bisa dijelaskan sebagai berikut, kita semua tentunya sudah bisa melakukan kegiatankegiatan
seperti naik sepeda, berenang, membaca, menulis. Untuk bisa melakukan hal-hal tersebut
tentunya semuanya dimulai dengan kegiatan BELAJAR. Pernahkah anda renungkan tentang
kemampuan yang anda miliki itu? Misalnya anda belajar naik sepeda umur 5 tahun, dan ketika
berumur 8 tahun bisa dibilang anda sudah ahli naik sepeda. Kemudian pada umur 8 tahun anda
berhenti naik sepeda dan tidak pernah naik sepeda lagi hingga berumur 11 tahun. Apa yang
terjadi....? anda tetap bisa naik sepeda...! Demikian juga dengan membaca dan menulis. Pertama kali
belajar membaca anda tentunya terpatah-patah unutk mengeja setiap huruf dan suku kata. Tetapi
sekarang, membaca bisa anda lakukan secara otomatis, bahkan tanpa berpikir tentang huruf, dan
sekalipun anda berhenti membaca selama 1 tahun, anda tidak perlu mengulang kembali dasar-dasar
membaca.
Keadaan seperti ini disebut dengan keadaan over learning, anda sudah melampaui kurva belajar,
sehingga apa yang anda pelajari sudah seperti bagian dari diri anda sendiri. Keadaan ini bisa dicapai
karena adanya repetisi (pengulangan) hingga ribuan kali, sehingga seseorang melampaui kurva
belajarnya. Dasar dari mempelajari sesuatu adalah pengulangan/repetisi!
Demikian juga dengan belajar bahasa Inggris, jika anda memaksakan diri untuk menggunakan setiap
kata yang anda miliki dengan pengulangan yang tak terhingga (digunakan dalam pembicaraan) maka
suatu saat Bahasa ini juga akan manjadi bagian dari diri anda. Anda bisa berbicara tanpa harus
berpikir lagi. Jadi jangan khawatir jika anda masih terpatah-patah dalam berbicara, bayi juga begitu,
lakukan terus latihan pribadi dan kelompok, dan capailah kondisi OVER LEARNING. Selamat
belajar!!


Pelajaran 17 : OBJECT (Obyek)

Latihan mengembangkan Vocabulary
Contoh : Buah = Fruit
Kata yang berhubungan :
* Mangga = mango
* Nanas = pineapple
* Jeruk = orange
* Nangka = jackfruit
Sayur = vegetable
Kata yang berhubungan :
* Wortel = carrot
* Bayam = spinach
* Kubis = cabbage
* Mentimun = cucumber
Orang = person
* Orang laki-laki = man
* Orang perempuan = woman
* Anak-anak = child
* Anak laki-laki = boy
Anda bisa memulai latihan ini dengan melihat ruangan sekitar anda berada misal di
kantor,sekolah,kampus, ruang tidur, kamar mandi dsb. Coba catat dan cari padanannya dalam
Bahasa Inggris.
Hal yang penting adalah jangan berpikir dengan pola pikir menterjemahkan ke dalam bahasa Inggris,
tetapi anggaplah bahwa anda sedang menemukan suatu ISTILAH LAIN untuk sebuah benda.
Misal anda melihat sebuah MEJA, anda sebut itu sebuah meja....cobalah untuk berpikir seperti ini,
Jika Pangeran Charles melihat benda ini dia menyebutnya dengan istilah apa? TABLE! nah sekarang
anda punya istilah lain untuk meja, meja bisa juga disebut dengan TABLE. Jadi pola pikir anda bukan
lagi menterjemahkan Meja = table , tetapi benda berkaki empat dengan ada papan di atasnya
namanya adalah TABLE.
Ingat-ingat....BAHASA HANYALAH SEBUAH BUNYI YANG DIBERI ARTI


PELAJARAN 18 : DEVELOP VOCABULARY

Vocabulary/perbendaharaan kata bisa dikembangkan dengan cara sbb:
1. Mengamati lingkungan sekitar dan menyebutkannya dalam Istilah Bahasa Inggris.
2. Menyanyikan lagu-lagu dalam Bahasa Inggris dan berusaha mengartikannya.
3. Latihan seperti di latihan 17.
4. Pengembangan latihan 17
* Ambil 1 kata misal Type (mengetik) , 4 kata yang berhubungan adalah Typewriter (mesin ketik),
Typist (juru ketik) , write (menulis) , Ink ( tinta)
* Dari 4 kata di atas ambil 1 kata lagi misal Typist (juru ketik) , 4 kata yang berhubungan adalah
Office (kantor), work (bekerja), Secretary (sekretaris) , Letter (surat)
Berusahalah untuk mencari istilah Bahasa Inggris di setiap waktu, tidak usah menargetkan berpa kata
per hari, yang penting setiap kata yang anda dapatkan usahakan digunakan sesering mungkin.


PELAJARAN 19 : AUXILIARY VERB - to be

Sampai hari ini kita sudah belajar tentang unsur S-P-O-K, terdiri dari pronoun,verb, noun, sebelum
kita lanjutkan pada adverb (kata keterangan) yang merupakan unsur dari K, kita akan mengulas
tentang KATA KERJA BANTU (auxiliary verb). Untuk kali ini adalah tentang TO BE (am,is,are)
Apakah sebenarnya kata kerja bantu itu?
sudah dijelaskan bahwa ada 2 jenis kalimat yaitu KALIMAT YANG PREDIKATNYA KATA KERJA
(verbal) dan KALIMAT YANG PREDIKATNYA BUKAN KATA KERJA (nominal).
contoh : I do my homework (kalimat verbal)
Nah sekarang bagaimana dengan kalimat ini , Saya adalah seorang guru.
Kalimat di atas tidak mengandung kata kerja.
Secara mudah kita bisa terjemahkan sebagai I a teacher.
Kalimat di atas bisa dimengerti oleh siapapun tapi secara susunan tidak sempurna karena tidak ada
predikat pada kalimat tersebut
Untuk membuat kalimat tersebut sempurna harus dibantu oleh sebuah kata kerja, yang disebut
dengan KATA KERJA BANTU yang tugasnya adalah melengkapi kalimat yang tidak mempunyai kata
kerja (predikat).
KATA KERJA BANTU yang dimaksud adalah TO BE yang terdiri dari 3 yaitu
* AM
* IS
* ARE
Jadi dalam kalimat I-( )- a teacher , kita sisipkan salah satu unsur TO BE yaitu AM
menjadi I-AM-a TEACHER.
AM_IS_ARE tidak dipergunakan di kalimat yang ada kata kerjanya kecuali di PRESENT
CONTINUOUS TENSE, past participle, passive voice(akan dipelajari lebih lanjut)
Jadi jangan sampai ada kalimat seperti I am go to the market, You are write a letter.
Penggunaan AM-IS -ARE selalu dikaitkan dengan SUBYEKnya
I----------> AM
You-------> ARE
They------>ARE
WE-------->ARE
SHE------->IS
HE--------> IS
IT--------->IS
Kata kerja bantuyang lain adalah TO DO dan TO HAVE
Kita akan lanjutkan pembahasan di bab berikutnya. Selamat merenungkan.


PELAJARAN 20 : AUXILIARY VERB - to be

Sekarang coba isi latihan berikut ini dengan AM, IS , ARE
1. I ( ) a nurse (perawat)
2. She ( ) a type writer(juru ketik)
3. He ( ) a policeman (polisi)
4. They ( ) students (pelajar)
5. We ( ) teachers (guru)
6. Santi ( ) a salesgirl (wiraniaga)
7. Anto and Andi ( ) volleyball players ( pemain bola voli)
8. Sani and I ( ) bloggers
9. Willy ( ) a doctor (dokter)
10. Wawan and Ani ( ) shop keepers (penjaga toko)
Sebelum mengisi coba perhatikan tanda ( ), ruang kosong ini adalah predikat , tetapi karena tidak ada
KATA KERJA dalam kalimat ini , maka posisinya digantikan oleh KATA KERJA BANTU yaitu AM, IS,
ARE. Bentuk kalimat seperti ini disebut kalimat Nominal
Jawaban / Answers : am,is,is,are,are,is,are,are,is,are
Bedakan bentuk kalimat di atas dengan kalimat-kalimat di bawah ini :
* I-buy-a bag
* They-break-the law
* We-visit-the hospital
* She-watches-the television
Kata yang bercetak tebal adalah KATA KERJA (verb), bentuk kalimat seperti ini disebut dengan
KALIMAT VERBAL. Anda harus benar-benar bisa membedakan 2 jenis kalimat ini agar tidak bingung
dalam penggunaannya.


PELAJARAN 21 : AUXILIARY VERB - to do

Selain am-is-are (to be), kata kerja bantu yang lain adalah TO DO.
DO di sini lain dengan DO sebagai kata kerja yang artinya mengerjakan.
DO mempunyai bentuk lain yaitu DOES
DO/DOES digunakan untuk membantu kalimat yang berbentuk NEGATIF atau INTERROGATIVE
(kalimat tanya)
DO/ DOES digunakan untuk PRESENT TENSE.
Contoh kesalahan umum :
+ I do my homework
- I do not my homework ( seharusnya I do not do my homework)
DO mengikuti They,We, I, YOU
DOES mengikuti SHE, HE,It


PELAJARAN 22 : NEGATIVE SENTENCE (Kalimat Negatif)

Kalimat negatif dalam kalimat nominal (kalimat yang tidak mempunyai kata kerja)
Dalam komunikasi sehari-hari kita menggunakan 3 jenis kalimat ini yaitu :
1. Kalimat positif / positive sentence. Bentuk kalimat pada umumnya adalah pernyataan /
affirmative. Contoh : He is a greengrocer (Dia adalah seorang pedagang sayur)
2. Kalimat negatif / negative sentence. Berupa pernyataan negatif / penyangkalan. Contoh : He is
not a greengrocer (Dia bukan seorang pedagang sayur)
3. Kalimat pertanyaan dengan jawaban tertutup yaitu ya/tidak (interrogative sentence). Contoh : Is
He a greengrocer? (Apakah dia seorang pedagang sayur.
Untuk membentuk kalimat negatif caranya sederhana, yaitu dengan menambahkan NOT setelah
AUXILLIARY VERB (TO BE, TO DO, TO HAVE)
* I am NOT
* He is NOT
* They are NOT
* We are NOT
* Santi is NOT
Coba latihan berikut ini :
1. Saya bukan seorang pilot
2. Dia bukan seorang perawat
3. Kami bukan pemain bola
4. Mereka bukan pelatih sepak bola
5. Dita bukan seorang guru
Kalimat-kalimat di atas adalah kalimat NOMINAL (kalimat yang tidak ada kata kerja) untuk kalimat
VERBAL ( memiliki kata kerja) akan dibahas setelah bab ini.
Answers :>>> I am not a pilot,She is not a nurse,We are not football players,They are not football
trainers,Dita is not a teacher. (Block untuk mengetahui jawaban)


PELAJARAN 23 : NEGATIVE SENTENCE (Kalimat Negatif)

Kalimat negatif dalam kalimat Verbal (kalimat yang mempunyai kata kerja)
Contoh kalimat verbal :
* I-buy-an umbrella
* She-paints-the wall
Untuk membuat kalimat negatif dalam kalimat verbal, diperlukan kata kerja bantu (Auxilliary verb)
sebagai berikut:
* DO>>>>> mengikuti They-We-I-You
* DOES>>> mengikuti He-she-it
Dengan menambahkan NOT setelah DO-DOES maka terbentuklah sebuah kalimat negatif
* DO-NOT
* DOES-NOT
Contoh kalimat di atas menjadi :
* I-do not-buy-an umbrella
* She-does not-paint-the wall
Ketika Subyek adalah orang ke-3 tunggal (dalam contoh SHE), maka kata kerja (dalam contoh
PAINTS>>>>menjadi PAINT)
Bagi yang suka berpikir, coba pikirkan hal berikut :
* Bagaimana dan mengapa kok tiba-tiba muncul DO-DOES dalam kalimat negatif?
* Mengapa DO-DOES tidak muncul dalam kalimat positif?
* Mengapa dalam kalimat yang menggunakan subyek orang ke-3 tunggal (he-she) harus
menggunakan tambahan S/ES dan harus hilang ketika DOES muncul dalam kalimat negatif?
Ketiga pertanyaan ini akan menjawab pertanyaan banyak siswa Bahasa Inggris tentang mengapa
harus ditambahkan S/ES dalam kalimat yang menggunakan Subyek orang ke-3 tunggal.
Selamat berlatih dan belajar....


PELAJARAN 24 : BERLATIH MENGGUNAKAN KALIMAT DALAM PARAGRAF

Anda bisa mulai menggunakan kalimat positif dan negatif seprti contoh di bawah ini. Saya akan
membuat sebuah paragraf berisi kalimat negatif dan positif.
Saya bangun-saya tidak mandi-saya pergi-saya tidak mengendarai motor-saya berjalan-Ayu
memanggil-saya berteriak-dia tidak dengar-saya berjalan-kami bertemu-kami tidak bicara-kami
makan pagi-kami pulang-saya membaca-seseorang datang-saya membuka pintu-dia seorang
wiraniaga-dia menjual sebuah tas-saya tidak ingin itu-dia keluar-saya menutup pintu-saya menonton
tv-saya tidak mandi.
I wake up-I do not take a bath-I go-I do not ride the motorcycle-I walk-Ayu calls-I shout-She does not
hear-I walk-We meet-We do not talk-We have breakfast-We go home-I read-Somebody comes-I open
the door-He is a salesman-He sells a bag-I do not want it-He walks out-I shut the door-I watch the
television-I do not take a bath.
Cobalah membuat beberapa paragraf seperti di atas atau lakukan menggunakan 2-3 kalimat
sederhana dalam kegiatan sehari-hari . Memang belum bahasa Inggris yang sempurna, tapi
setidaknya anda bisa melatih apa yang anda punya. Semuanya akan bertumbuh seiring dengan
berjalannya waktu. Jangan berhenti teruslah belajar .....


PELAJARAN 25 : INTERROGATIVE SENTENCE (Kalimat Tanya)

Kalimat tanya dalam kalimat nominal (kalimat tanpa kata kerja)
Dalam bentuk nominal (tanpa kata kerja) kalimat tanya dibentuk dengan cara sbb:
Letakkan to be ( am, is, are ) di depan subyek.
Contoh :
* She is a police woman (+)
* Is She a police woman ? (?)>>>>Apakah dia seorang polisi wanita?
* They are watchmen (+)
* Are they watchmen? (?)>>>>>Apakah mereka pengawas?
* Anton is a debt collector (+)
* Is anton a debt collector? (?)>>>>>Apakah Anton seorang penagih hutang?
* This is a computer
* Is this a computer? (?) >>>>> Apakah ini sebuah computer?
Kalimat tanya di atas adalah pertanyaan-pertanyaan tertutup dengan dua jawabab yaitu YES / NO
Untuk contoh 1 Jawabannya adalah YES SHE IS atau NO SHE IS NOT
Untuk contoh 2 Jawabannya adalah YES THEY ARE atau NO THEY ARE NOT
Untuk contoh 3 jawabannya adalah YES ANTON (he) IS atau NO ANTON (HE) IS NOT
Untuk contoh 4 jawabannya adalah YES IT IS atau NO IT IS NOT
Gunakan kalimat tanya ini apabila anda ingin mendapatkan kepastian tentang sesuatu. Jika anda
tersesat di Washington dan Bahasa Inggris anda masih berpaham minimalis, maka anda bisa
terselamatkan dengan bertanya ARE YOU THE PRESIDENT?
Klik : Peluang Bisnis
Diposkan oleh Wen Saputra di 22:00 0 komentar
Label: interrogative sentence, Kalimat tanya, sentence
POETRY
The little things
That make life sweet
Are worth their weight in gold;
They can't be bought
At any price,
And neither are they sold.
A little rose
A little kiss
From some dear one we know,
Drives care away
And helps us on
Our journey as we go.
The little smiles,
The little songs,
That cheer us up each day,
Are but a part
Of God's great art
To help us on our way.
Benda-benda kecil
Yang menjadikan hidup manis
Sama nilainya dengan emas seberat benda itu;
Itu tak dapat dibeli
Dengan harga berapapun
Dan tidak ada dijual dimanapun.
Setangkai mawar
Sekecup ciuman
Dari seorang kenalan yang dikasihi,
Mengusir kekuatiran
Dan menolong kita melanjutkan
Langkah kita dalam perjalan hidup ini.
Senyuman-senyuman kecil,
Nyanyian-nyanyian kecil,
Yang menceriakan kita setiap hari,
Adalah hanya berupa bagian
Dari karya seni Allah nan maja,
Untuk menolong kita mencapai tujuan.


PELAJARAN 26 : INTERROGATIVE SENTENCE (Kalimat Tanya)

Kalimat tanya dalam kalimat VERBAL(kalimat dengan kata kerja)
Dalam bentuk verbal (mengandung kata kerja) kalimat tanya dibentuk dengan cara sebagai berikut
:
Letakkan Auxilliary verb DO / DOES di depan subyek
Contoh :
* I type the letter (+)
* Do I type the letter? (?) >>>>>Apakah saya mengetik surat itu?
* Answer : YES YOU DO / NO YOU DO NOT
* She hangs the towel (+)
* Does She hang the towel? (?) >>>>>Apakah dia menggantung handuk itu?
* Answer : YES SHE DOES / NO SHE DOES NOT
* They leave the town (+)
* Do They leave the town ? (?) >>>>>Apakah mereka meninggalkan kota itu?
* Answer : YES THEY DO / NO THEY DO NOT
* Shinta sews the cloth (+)
* Does Shinta sew the cloth? (?) >>>>Apakah Shinta menjahit pakaian itu?
* Answer : YES SHE DOES / NO SHE DOES NOT
Catatan : Untuk orang ketiga tunggal (HE, SHE , IT, Name) dalam bentuk kata tanya kata kerja selalu
kembali ke bentuk awal dengan menghilangkan akhiran S/ES


PELAJARAN 27 : Kesalahan umum dalam DO/DOES

DO / DOES sebagai kata kerja berbeda dengan DO / DOES sebagai kata kerja bantu ( AUXILLIARY
VERB)
Kesalahan umum yang terjadi adalah sebagai berikut :
Saya mengerjakan pekerjaan rumah itu
I DO the home work (+)
I DO NOT the home work (-) >>>>I DO NOT DO the homework
DO I the home work? (?) >>>>>DO I DO the homework?
Kesalahan ini terjadi di kalangan siswa bahasa Inggris karena kurang teliti dalam membedakan
antara DO dalam VERB dan DO dalam Auxilliary verb
Dalam contoh di atas DO berwarna merah adalah kata kerja (verb) DO berwarna biru adalah kata
kerja bantu (Auxilliary verb)


PELAJARAN 28 : ADVERB (Kata Keterangan)

Sampai pelajaran 28 ini kita sudah belajar pola kalimat sederhana dalam bentuk S-P-O, dan
sekarang kita pelajari unsur K /keterangan (adverb).
Jenis kata keterangan yang akan kita pelajari terlebih dahulu :
1. Kata keterangan tempat (Adverb of place)
Contoh : beach (pantai) , house (rumah), hill (bukit) , hospital (rumah sakit)
2.Kata keterangan waktu (Adverb of time)
Contoh : Morning (pagi), Evening (sore), next week (minggu depan), last year (tahun lalu)
3.Kata keterangan cara (Adverb of manner)
Contoh : Slowly ( dengan perlahan) , by bicycle ( mengendarai sepeda), hard (dengan keras)
4.Kata keterangan sifat (Adjective)
Contoh : Big (besar), Small (kecil), Soft (lunak), clever (pintar)
Sebagai latihan coba cari sebanyak mungkin kalimat dalam 4 kategori kata keterangan di atas.
Hmmm...memang jadi seperti anak kecil...tapi masalahya kan kita baru belajar bahasa Inggris tidak
sejak bayi...jadi tidak apa-apa menjadi seperti anak kecil lagi...semuanya bermula dari yang
sederhana....


PELAJARAN 29 : ADVERB OF PLACE - PREPOSITION

Kata keterangan tempat (adverb of place) menyatakan suatu lokasi dan berhubungan dengan kata
tanya WHERE?
Untuk menyatakan keterangan suatu lokasi kejadian atau peristiwa biasanya selalu di dahului kata
depan (preposisi/preposition) , disebut demikian karena letaknya yang berada di depan kata
keterangan tempat.
Preposisi yang sering digunakan untuk keterangan tempat :
In >>> di dalam
At >>> pada
On>>> di atas
Beside >>> samping
Behind >>> di belakang
Above >>> di atas
In front of >>> di depan
Across >>> di seberang
Between >>> di antara
Near >>> di dekat
Penggunaannya tepat sebelum kata keterangn tempat
Contoh :
* Willy practice piano in the hall
* She is at home
* The lamp is above the table
Ketika mempelajari preposisi kebanyakan kebingunan pertama antara penggunaan preposisi AT
(pada) . At dipakai untuk menunjukkan bahwa seseorang atau benda berada di suatu lokasi tetentu ,
misal at home, artinya berada di rumah tanpa ditentukan posisi tepatnya di mana, bisa di dalam
rumah, bisa di luar rumah, bisa di samping rumah.
Di pelajaran2 selanjutnya kita akan lebih dalam mengetahui tentang preposisi ini.
Coba untuk membuat beberapa kalimat dengan pola S-P-O-K, dengan K adalah keterangan tempat,
gunakan preposisi yang sudah anda ketahui


PELAJARAN 30 : ADVERB OF PLACE - PREPOSITION

Location prepositions (kata depan untuk menunjukkan lokasi/tempat) yang sering digunakan adalah
AT, IN, ON
At menunjukkan bahwa seseorang atau suatu benda berada di suatu tempat tanpa menyatakan
lokasi secara spesifik.
* I am at home
* She is at the office
* He is at school until 5 o'clock
In digunakan umtuk menunjukkan bahwa seseorang atau suatu benda berada di dalam suatu lokasi.
* The ball is in the box
* He plays badminton in the hall
* He works in Jakarta
On digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu berada tepat diatas suatu permukaan.
* The plate is on the table
* The picture is on the wall
* He walks on the bridge
Untuk menunjukkan alamat dibedakan sebagi berikut:
* I live on jalan Merdeka
* I ive in Jalan Merdeka no 2


PELAJARAN 31 : ADVERB OF PLACE (latihan)

Berikut ini latihan menggunakan preposisi kata keterangan tempat
1. The picture is ( ) the wall
2. The cushion is ( ) the sofa
3. The vase is ( ) the sofa
4. The (yellow) picture is ( ) the (white) dining table
5. The porcelain jug is ( ) the sofa
6. The (red) picture is ( ) the (green) picture
7. The porcelain jug is ( ) the pole
answers : on,on,in front of,above,beside,beside,behind
Gunakan latihan seperti ini untuk melatih skill anda, tidak harus gambar, anda bisa mulai
menunjukkan posisi di sekitar lingkungan , seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur dsb, ketika berlatih
ingatlah bahwa anda sekarang belajar bahasa Inggris untuk bisa digunakan sebagai alat komunikasi,
bukan untuk menghadapi ujian sekolah dan mendapat nilai....


PELAJARAN 32 : ADVERB OF TIME (Kata Keterangan Waktu)

Kata keterangan waktu berhubungan dengan kapan suatu kejadian atau aktivitas terjadi, kata
keterangan ini berhubungan dengan kata tanya WHEN (kapan)
Kata keterangan waktu meliputi
* Time ( jam )
* Days (hari)
* Month (bulan)
* Year (tahun)
* Duration (jangka waktu)
Contoh kalimat :
She works in the office on Sunday
The auction begin at six o'clock
He was born in 1999


PELAJARAN 33 : ADVERB OF TIME-CLOCK

Penunjukan waktu (jam) dalam Bahasa Inggris terbagi atas 2 bagian yaitu :
* AM : ante meridiem ( sebelum tengah hari) (pukul 00.00-11.59 )
* PM : post meridiem (setelah tengah hari) (pukul 12.00-23.59 )
Penyebutan waktu dalam bahasa Inggris bisa dipelajari sebagai berikut :
* Di angka 12 tulis kata O'CLOCK
* Di angka 6 tulis kata HALF PAST
* Di angka 3 tulis kata QUARTER PAST
* Di angka 9 tulis kata QUARTER TO
* Kata yang tertulis di angka-angka tersebut menunjukkan posisi dari jarum panjang pada jam
Keterangan :
O'clock digunakan untuk menunjukkan waktu tidak lebih tidak kurang (tepat)
Contoh :
* Jam 18.00 = Six o'clock
* Jam 03.00 = Three o'clock
* Jam 23.00 = Eleven o'clock
Half Past digunakan untuk menunjukkan lewat / lebih 30 menit
Contoh :
* Jam 17.30 = Half past five
* Jam 4.30 = Half past four
* jam 2.30 = Half past two
Quarter Past digunakan untuk menunjukkan lewat / lebih 15 menit
Contoh :
* Jam 5.15 = A quarter past five
* Jam 20.15 = a quarter past eight
* Jam 7.15 = a quarter past seven
Quarter To digunakan untuk menunjukkan lewat / lebih 45 menit / kurang 15 menit
Contoh :
* Jam 4.45 = a quarter to five (jam 5 kurang 15 menit)
* Jam 12.45 = a quarter to one (jam 1 kurang 15 menit)
* Jam 8.45 = a quarter to nine (jam 9 kurang 15 menit)


PELAJARAN 34 : ADVERB OF TIME - CLOCK

Jika digunakan interval waktu 5 menit , maka jam akan menunjukkan lewat 5 menit , 10 menit , 15
menit , 20 menit , 25 menit dan seterusnya.
Untuk menyebutkannya :
Jika menit di bawah 30 :
1.05 = Five - PAST -One
3.20 = Twenty - PAST - Three
4.25 = Twenty five - PAST - Four
Jika menit di atas 30 :
2.35 = Twenty Five - TO - Three (Jam 3 kurang 25 menit)
3.40 = Twenty Five - TO - FOUR ( Jam 4 kurang 25 menit)
5.55 = Five - TO - Six ( Jam 6 kurang 5 menit)
Pola seperti ini juga berlaku pada penunjukan jam seperti di bawah ini :
4.08 = Eight - Past - Four
5. 17 = Seventeen - Past - Five
6. 48 = Twelve - TO - Seven ( Jam tujuh kurang 12 menit)
8.59 = One - TO - Nine (Jam sembilan kurang 1 menit)
PELAJARAN 35 : PREPOSITION OF TIME (CLOCK)
Kata depan (preposisi) yang digunakan untuk penunjukan waktu adalah > AT
Contoh : at 6.30 pm , at 10.00 pm , at 12.45 pm
Penyebutan lain:
at 6.30 > at half past six > at six thirty
at 4.45 > at a quarter to five > at four forty five
at 1.25 > at twenty five past one > at one twenty five
Latihan
1. Jam tujuh lewat 5 menit =
2. Jam tujuh kurang 15 menit =
3 . Jam delapan lewat 6 menit =
4 . Jam sepuluh kurang sepuluh menit =
5 . Jam sembilan lewat 40 menit =


PELAJARAN 36 : ADVERB OF MANNER (Kata Keterangan Cara)
Adverb of manner (kata keterangan cara) adalah kata yang menerangkan bagaimana Subyek (orang
/ benda) melakukan suatu PREDIKAT (pekerjaan) terhadap suatu OBYEK
Cara membentuk Adverb of manner :
KATA SIFAT + ly
contoh :
Slowly = dengan perlahan
Loudly = dengan keras
Beautifully = dengan indah
Easily = dengan mudah
Carefully = dengan hati-hati
Adverb of manner biasanya terletak setelah kata kerja atau setelah obyek
Contoh :
He swims well >>> Dia berenang dengan baik (setelah kata kerja)
He plays the flute beautifully>>> Dia bermain musik dengan indah (setelah obyek)
Adverb of manner tidak pernah terletak di antara kata kerja dan obyek
He ate greedily the chocolate cake (salah) dia memakan dengan rakus kue coklat itu
He ate the chocolate cake greedily (benar) Dia memakan kue coklat itu dengan rakus
Bagaimana mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris?
There are many ways to improve your level of English:
READ IT>>>>Baca buku artikel apa saja , baca dengan bersuara sebisa mungkin, bahkan ketika kita
tidak mengerti artinya.
LISTEN TO IT>>>>>Dengarkan apa saja yang berbahasa Inggris, dari radio , televisi , atau kaset
TALK IT>>>>>Berbicaralah dalam Bahasa Inggris sebisa mungkin dalam segala situasi.
PELAJARAN 37 : ADVERB OF MANNER
Jika ada preposisi sebelum obyek , kita bisa menempatkan Adverb setelah sebelum preposisi atau
setelah obyek.
* He stay happily at home
* He stay at home happily
Adverbs yang hampir selalu berada setelah kata kerja:
* well (dengan baik)
* badly (dengan buruk)
* hard (dengan keras)
* fast (dengan cepat)
PELAJARAN 38 : ADJECTIVE (Kata Keterangan Sifat)
Kata sifat menerangkan tentang kondisi satu benda , berdasarkan sifat-sifat fisik maupun sifat
intrinsiknya. Pada pelajaran sebelumnya kita sudah belajar bahwa kata sifat adalah pembentuk dari
kata keterangan cara.
Berikut ini daftar kata sifat dan kata keterangan cara
CHEAP - CHEAPLY (murah)
QUICK - QUICKLY (cepat)
SLOW -SLOWLY (perlahan)
BAD - BADLY (buruk)
COMPLETE -COMPLETELY (lengkap)
NORMAL -NORMALLY (wajar)
SURPRISING-SURPRISINGLY (mengejutkan)
EASY-EASILY (mudah)
HAPPY-HAPPILY (gembira / bahagia)
ANGRY-ANGRILY (marah)
LUCKY-LUCKILY (beruntung)
PROBABLE - PROBABLY (memungkinkan)
TERRIBLE -TERRIBLY (kacau)
GENTLE - GENTLY (lembut)
BASIC - BASICALLY (mendasar)
ECONOMIC - ECONOMICALLY (ekonomis / hemat)
TRAGIC - TRAGICALLY(tragis)
Kata sifat berikut ini mempunyai bentuk yang sama dengan kata keterangan cara :
EARLY , FAST , HARD , HIGH , LATE , NEAR , STRAIGHT , WRONG
Kata sifat yang lain antara lain berdasarkan :
Warna : red, yellow, pink , purple , silver
Ukuran : big , small , medium , wide , long , short
Rasa : sweet , sour , bitter
Intelektual : clever , stupid , dilligent , lazy , smart
Latihan Adverb of manner
* She sang (dengan (suara) keras) in the bath>>>> loudly
* They whispered (dengan (suara ) lembut) >>>>softly
* The tortoise walked (dengan perlahan ) >>>> slowly
* She smiled (dengan indah/cantik) >>>> prettily
* I had to run (dengan cepat) to catch the bus >>>> fast
* He held his grandson (dengan hati-hati) >>>> carefully
* She knows the road (dengan baik) >>>> well
* We're going camping tomorrow so we have to get up (lebih pagi/awal) >>>> early
* Andy doesn't often work (dengan keras / giat) >>>> hard
* He walked (dengan gembira ) down the road to school >>>> happily
* They dance (dengan indah) >>>> beautifully
PELAJARAN 39 : Menggunakan Kata sifat dalam kalimat
Penggunaan Kata sifat (Adjective ) dalam kalimat adalh sebagai berikut :
I buy an apple , the apple is RED (kata sifat berada di belakang to be)
I buy a RED APPLE (kata sifat berada di depan kata benda / NOUN)
She lifts a box , the box is HEAVY
She lifts a HEAVY BOX
They visit a lake , the lake is BEAUTIFUL
They visit a BEAUTIFUL LAKE
I have a dog , the dog is BIG
I have a BIG DOG
Andika can sing a song , the song is DIFFICULT
Andika can sing a DIFFICULT SONG
Latihan :
Saya menjual sebuah tas , tas itu MAHAL
I sell a bag , the bag is EXPENSIVE
I sell an EXPENSIVE BAG
Dia membaca sebuah buku , buku itu TEBAL
He reads a book , the book is THICK
He reads a thick Book
Orang laki-laki itu menyapu lantai , lantai itu KOTOR
The man sweeps the floor , the floor is DIRTY
The man sweeps the DIRTY FLOOR
Mendengar / Listening adalah kunci
Mendengar / listening adalah kunci untuk bisa menggunakan Bahasa Inggris.
Seperti bayi , ketika mereka belum bisa berbicara , yang mereka lakukan adalah MENDENGAR dan
MENDENGAR. Orang tua mereka tidak pernah membuat list / daftar kata , orang tua mereka tidak
pernah memberikan tentang Grammar , tetapi dari mendengar orang tuanya atau orang di sekitarnya
berbicara , mereka akhirnya menirukan , memahami , dan akhirnya mampu untuk mengutarakan
maksudnya dalam Bahasa tersebut.
Langkah selanjutnya setelah memahami Grammar dan melihat dengan mata begitu banyak kata
dalam bahasa Inggris adalah mendengar penutur asli Bahasa inggris berbicara. Bisa dengan kaset
yang anda beli , atau mendengar radio berbahasa Inggris , atau melihat film , mendengar lagu ,
mendengarkan berita di televisi , juga bisa gunakan media di internet seperti Youtube untuk bisa
mendengarkan orang yang berbicara dalam Bahasa Inggris.
Daftar kata / vocabulary yang anda miliki bisa berguna untuk membantu penyerapan dengan lebih
cepat , demikian juga Grammar yang sudah anda pelajari. Gunakan waktu paling tidak satu jam
sehari untuk mendengarkan suara dalam Bahasa Inggris , catat hal-hal yang anda pahami , dan
jangan terlalu risau apabila hanya sebagian yang anda pahami.
Jadi , tetaplah kembangkan kemampuan grammar dan vocabulary anda , untuk bisa mulai berbicara ,
Gunakan sebisa mungkin , dan DENGAR sebanyak mungkin.
PELAJARAN 40 : TENSES
Dari pelajaran 1-39 , kita sudah belajar tentang bagaimana unsur-unsur dalam kalimat dalam pola SP-
O-K. Dan diharapkan anda sudah bisa membuat kalimat-kalimat sederhana dengan pola tersebut ,
waalaupun belum sempurna , tetapi coba gunakan pengetahuan yang ada semaksimal mungkin.
Salah satu unsur penting dalam penguasaan Bahasa Inggris adalh penguasaan tenses.
TENSES dalam Bahasa Inggris selalu berhubungan dengan waktu.
Dalam bahasa Indonesia tidak terjadi perubahan dalam kalimat walaupun terjadi perubahan waktu.
Jadi inti dari belajar tenses adalah mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi di kalimat karena
WAKTU yang berbeda.
Contoh :
Saya belajar Bahasa Inggris SETIAP HARI
Saya belajar Bahasa Inggris SEKARANG
Saya belajar Bahasa Inggris DUA TAHUN YANG LALU
Saya akan belajar Bahasa Inggris TAHUN DEPAN
Anda lihat , Kalimat pokok yaitu SAYA BELAJAR BAHASA INGGRIS , tidak mengalami perubahan
bentuk walaupun dimaksudkan untuk waktu yang berbeda.
Dalam bahasa Inggris ketika tanda waktu berubah maka bentuk kalimat juga akan mengalami
perubahan pada salah satu unsurnya.
Itulah yang dipelajari dalam TENSES....
Renungkan hal ini....ketika ada belajar TENSES , maka anda sedang belajar merubah SALAH SATU
unsur kalimat , sesuai tanda waktunya.
itulah tenses..... kita akan lanjutkan di pelajaran berikutnya.
Reading
The Princess and the Pea
Once upon a time there was a prince who wanted to marry a princess; but she would have to be a
real princess. He travelled all over the world to find one, but nowhere could he get what he wanted.
There were princesses enough, but it was difficult to find out whether they were real ones. There was
always something about them that was not as it should be. So he came home again and was sad, for
he would have liked very much to have a real princess.
One evening a terrible storm came on; there was thunder and lightning, and the rain poured down in
torrents. Suddenly a knocking was heard at the city gate, and the old king went to open it.
It was a princess standing out there in front of the gate. But, good gracious! what a sight the rain and
the wind had made her look. The water ran down from her hair and clothes; it ran down into the toes
of her shoes and out again at the heels. And yet she said that she was a real princess.
Well, we'll soon find that out, thought the old queen. But she said nothing, went into the bed-room,
took all the bedding off the bedstead, and laid a pea on the bottom; then she took twenty mattresses
and laid them on the pea, and then twenty eider-down beds on top of the mattresses.
On this the princess had to lie all night. In the morning she was asked how she had slept.
"Oh, very badly!" said she. "I have scarcely closed my eyes all night. Heaven only knows what was in
the bed, but I was lying on something hard, so that I am black and blue all over my body. It's horrible!"
Now they knew that she was a real princess because she had felt the pea right through the twenty
mattresses and the twenty eider-down beds.
Nobody but a real princess could be as sensitive as that.
So the prince took her for his wife, for now he knew that he had a real princess; and the pea was put
in the museum, where it may still be seen, if no one has stolen it.
There, that is a true story.
Coba baca cerita di atas sedikitnya 20 kali, jangan pedulikan artinya dulu , tapi paksakan untuk
membacanya berkali-kali, dan lihat tingkat kesulitan yang makin lama makin menurun ketika anda
sudah membacanya lebih dari 20 kali. Setelah itu garis bawahi kata-kata yang belum anda mengerti ,
dan coba untuk mencarinya di KAMUS.
Selanjutnya baca lagi sampai anda mengerti maksud cerita di atas.
PELAJARAN 41 : TENSES
Coba perhatikan contoh beri kut ini
I - learn - English- Everyday (lihat kalimat ini dalamsusunan S_P_O_K)
I - learned - English - Yesterday
I - am learning - English - Now
I - will learn - English - Tomorrow
I - have learned - English - Before
Kita lihat bahwa ketika tanda waktu berubah terjadi perubahan dalam kalimat.
apa yang berubah?
Subyek (I) tidak berubah
Obyek ( English ) tidak berubah
Kata keterangan waktu ( berubah)
Predikat / Kata kerja (learn) -berubah
Kesimpulan : Yang berubah adalah PREDIKAT , ketika anda mempelajari TENSES , yang perlu anda
fokuskan adalah penguasaan PREDIKAT / KATA KERJA dan perubahannya dalam 3 bentuk , yaitu
kata kerja bentuk 1 , 2 , dan 3
PELAJARAN 42 : SIMPLE PRESENT TENSE
Simple present tense.
Dalam pelajaran 1-41 , contoh-contoh yang saya gunakan adalah dalam bentuk simple present tense.
Ciri utama simple present tense adalah penggunaan kata kerja (verb) bentuk pertama , dalam
penggunaannya.
Bentuknya adalah sebagai berikut : S + P (v1) + O + K
Kapan kita menggnakan tense ini dalam percakapan? Yaitu ketika kita ingin mengungkapkan suatu
kondisi seperti ini :
1.Suatu kegiatan yang merupakan kebiasaan dan berulang secara teratur.
* I go to school everyday
* The train leaves every 9 pm
* Tanda waktu yang digunakan adalah every.....(day , week , year , month....etc)
2. Suatu kebenaran umum
* The sky is blue
* Jakarta is in Indonesia
3. Suatu kejadian yang akan terjadi dengan segera dalam jangka waktu tidak terlalu lama. Dan
biasanya berhubungan dengan transportasi umum.
* The train leaves tonight at 11 pm
* Does class begin tomorrow?
* The plane arrives at 12 pm
4.Untuk menyatakan bahwa suatu kejadian sedang berlangsung atau tidak berlangsung saat ini.
* I am here now
* They are not here now
PELAJARAN 43 : ADVERB OF FREQUENCY
Kata keterangan yang sering digunakan dalam simple present tense adalah Kata keterangan
kekerapan (frekuensi).
Contoh : I always read newspaper every morning.
Coba hafalkan dengan cara sebagai berikut :
Saya mempunyai sifat :
Selalu always
Biasanya usually
Sering often
Kadang-kadang sometimes
Jarang seldom , dan....
Tidak pernah never
Baca daftar adverb di atas seperti sebuah kalimat.
PELAJARAN 44 : PRESENT TENSE
Berikut ini conoth kalimat-kalimat dalam bentuk present tense , dan kita mengngat kembali tentang
kalimat nominal dan verbal.
Contoh kalimat (nominal - tanpa kata kerja)
She is a nurse
The apple is red
I am a teacher
They are not always in the garden
Nikita is a beautiful girl
Contoh kalimat (verbal - menggunakan kata kerja)
I always go to the gym every morning
She never goes to abroad
The boy delivers the basket every evening
The students learn english every saturday
He does not sweep the floor
PELAJARAN 45 : PAST TENSE
Kapan kita gunakan Pas tense ?
1. Segala sesuatu yang terjadi DAHULU.....DULU dan sekarang sudah tidak terjadi lagi.
Contoh :
* I saw a movie yesterday.
* I didn't see a play yesterday.
* Last year, I traveled to Japan.
* Last year, I didn't travel to Korea.
* Did you have dinner last night?
* She washed her car.
* He didn't wash his car.
2. Suatu jangka waktu tertentu di masa lalu
Contoh :
* I lived in Jakartal for two years.
* Sinta studied English for five years.
* They sat at the beach all day.
* They did not stay at the party the entire time.
* We talked on the phone for thirty minutes.
* A: How long did you wait for them?
B: We waited for one hour.
3. Kebiasaan-kebiasaan di masa lalu
Contoh :
* I studied English when I was a child.
* He played the violin. (sekarang tidak lagi)
* He didn't play the piano.
* Did you play a musical instrument when you were a kid?
* She worked at the movie theater after school.
* They never went to school, they always skipped class.
4. Hal-hal yang dianggap umum di masa lampau , tetapi sekarang sudah tidak seperti yang dimaksud
Contoh :
* She was shy as a child, but now she is very outgoing.
* He didn't like tomatoes before.
* Did you live in Texas when you were a kid?
* People paid much more to make cell phone calls in the past.
Bagai mana membentuk Kalimat lampau (Pas tense)?
Ikuti di Belajar Bahasa inggris mandiri berikutnya
PELAJARAN 46 : PAST TENSE
Perubahan tense , selalu disertai perubahan pada PREDIKATNYA
Pada PAST TENSE , terjadi perubahan pada Predikat yaitu KATA KERJA / VERB dan atau KATA
KERJA BANTU / Auxilliary verb
Misal
Bentuk present tense :
Julian buys the newspaper everyday
Bentuk past tense
Julian bought the newspaper yesterday
Terjadi perubahan dari buys menjadi bought , buys adalah bentuk 1 , sedangkan bought adalah
bentuk kedua (pelajari daftar regular dan irregular verb)
Misal 2
Bentuk present tense :
Julian is a student
bentuk past tense :
Julian was a student twenty years ago
ket : AM = WAS , IS = WAS , ARE = WERE
peraturan penggunaan sama dengan present tense, hanya kita harus perhatikan perubahan
bentuknya. Kuncinya adalah penguasaan kata kerja serta perubahannya.
PELAJARAN 47 : PAST TENSE - Latihan
Ubah kalimat present tense di bawah ini menjadi kalimat past tense
1. She looks at the garden everyday > She saw the film yesterday
2. He wakes up at 5 o'clock every morning > He woke up at 5 o'clock lastweek
3. They are soldiers > They were soldiers 20 years ago
4. Anita and I play tennis everysaturday > Anita and I played tennis yesterday
5. We practice basketball everyday > We practiced basketball two days ago
6.She washes her cloth everyday > She washed her cloth last week
7. I travell to japan every year > I travelled to Japan last year
8.They always bring the little ring > They brought the little ring
9. Sunny types the letter > Sunny typed the letter
10. I get a bag of vegetable every morning> I got a bag of vegetable three days ago
PELAJARAN 48 : PAST TENSE - Kalimat tanya
Dalam Past tense , bentuk kalimat tanya (pertanyaan tertutup / dengan jawaban ya / tidak) dibentuk
dengan perubahan Auxiliary verb sebagai berikut :
DO / DOES menjadi DID
AM menjadi WAS
IS menjadi WAS
ARE menjadi WERE
Contoh :
I went to the cinema
Do you go to the cinema?(present tense)
Did you go to the cinema? > Yes I did / No Idid not
(WENT kembali menjadi GO ketika auxiliary DID muncul)
She wrote a poem last Sunday
Does she always write a poem every Sunday? (present tense)
Did she write a poem last Sunday?
(wrote kembali menjadi write )
Are you sick?
Were you sick?
Is she a policewoman?
Was she a police woman?
PELAJARAN 49 : PAST TENSE - Kalimat negatif
Pembentukan kalimat negatif, dengan pola sama seperti pada Present Tense
I do not watch the program.
I did not watch the program.
I do not do the homework.
I did not do the homework.
She does not bake the cake.
She did not bake the cake.
Wawan does not wear the uniform.
Wawan did not wear the uniform.
Pada contoh di atas, tidak terjadi perubahan pada kata kerja (verb) , tetapi terjadi perubahan pada
axiliary verb (do&does)
She is not a polite girl.
She was not a polite girl.
They are not naughty student.
They were not naughty student.
Ali is not a pilot.
Ali was not a pilot.
Sekarang coba ubah kalimat di bawah ini menjadi bentuk past tense, berikan jawaban di kolom
komentar.
1. We are human.
2. The earth rotates around the sun.
3. The woman is beautiful.
PELAJARAN 50 : KALIMAT TANYA dan KATA TANYA
Do you eat the meatball? Are you a carpenter? Adalah kalimat tanya yang jawabannya hanya dua
yaitu YES I DO , NO I DO NOT , YES I AM , NO IAM NOT
Bagaimana dengan kalimat tanya berikut ini.
WHAT DO U DO?
WHAT DO YOU ALWAYS DO IN THE MORNING?
WHERE DOES SHE BUY THE SUITCASE?
WHERE ARE THE BOYS?
WHEN DO THE SOLDIERS COME?
WHO IS THE PLAYER?
WHO DOES FINISH THE GAME?
Pertanyaan-pertanyaan ini adalah pertanyaan terbuka , yang jawabannya tergantung pada kata tanya
what, where , when , who, dst
Bagaimanakah proses pembentukan kalimat tanya ini? Kita akan pelajari pola pikir dari kalimat tanya
ini di pelajaran berikutnya.
Keep in learning...
PELAJARAN 51 : KALIMAT TANYA dan KATA TANYA
Kita akan lihat bagian demi bagian bagaimana sebuah kata tanya bisa terbentuk , kiranya pola pikir
ini bisa memperjelas pengertian tentang kata tanya.
Lihat kalimat ini :
Suji writes a novel in the bedroom every morning.
Ubah kalimat di atas menjadi kalimat tanya
Does Suji write a novel in the bedroom every morning?
Jawaban : Yes He does / No he does not
Bagaimana kalimat tersebut bisa menjadi kalimat tanya terbuka?
Lihat :
........writes a novel in the bedroom every morning (Suji menjadi seseorang yang tidak diketahui)
Berubah menjadi kalimat tanya:
........does write a novel in the bedroom every morning?
WHO does write a novel in the bedroom every morning?
*SUJI does
WHO muncul karena ada sesuatu dalam kalimat yang tidak diketahui yaitu : SUJI
Lihat lagi :
Suji writes ..........in the bedroom every morning. (Apa yang ditulis Suji menjadi sesuatu yang tidak
diketahui)
Does Suji writes.......in the bedroom every morning?
WHAT does Suji write in the bedroom every morning?
Suji writes a novel in the bedroom every morning
WHAT muncul karena apa yang ditulis Suji tidak diketahui.
Cobalah dengan menghilangkan salah satu unsur dalam kalimat di atas dan ubahlah menjadi kalimat
tanya.
Pembahasan ini tidak perlu terlalu dipikirkan pada waktu conversation , tetapi hal ini untuk
memperkuat pola pikir kita terhadap bahasa, serta meningkatkan sense berbahasa.
PELAJARAN 52 : PRESENT CONTINUOUS TENSE
Present continuous tense adalah tense yang digunakan untuk menerangkan suatu kegiatan yang
dilakukan ketika kegiatan tersebut sedang dilakukan.
Kalimat ini terbentuk atas unsur-unsur :
Subyek - tobe - verb1 + ing
Dalam present continuous tense , verb dan to be bisa "bersatu" karena ada unsur ING.
Contoh:
I am walking
She is cooking
They are shopping
We are playing
Are they talking?
He is not learning
Is Andika swimming?
Tanda waktu yang digunakan adalah NOW, RIGHT NOW
Tense ini relatif mudah dipahami, tetapi pemula bahasa Inggris sering rancu dalam penggunannya
dengan present tense.
Seringkali ada kalimat-kalimat seperti ini :
I am walk
She is cook
We are play
Kecenderungan ini nampaknya muncul karena mengatakan I am , She is , They are, terasa lebih
lengkap daripada I saja , atau she aja.
Tetapi yang perlu diingat adalah bahwa Verb dan Tobe hanya bisa bersatu ktika ada unsur ING ini.
PELAJARAN 53 : FUTURE TENSE
Future tense adalah tense yang kita pergunakan untuk menunjukkan suatu kejadian atau kegiatan
yang terjadi di MASA DEPAN dan belum terjadi ketika hal tersebut dikatakan.
Pembentukan kalimat :
Subyek+ WILL/be going to+ verb1
I will spend my money wisely
Sonny will joint with me in the basket ball team
Ana will not play the game
She will be a good doctor
My Father is going to go to Semarang tomorrow
I am going to repair my suitcase
Tanda waktu yang digunakan adalah
Tomorrow , next (year,mont, week,time) , .........to go
Karena tense ini berbicara tetang masa depan, dan masa depan mengandung ketidakpastian, maka
dalam pengungkapannya tense ini akan dinyatakan dalam beberapa tingkat kepastian, silakan ikuti
pelajaran selanjutnya.
PELAJARAN 54 : FUTURE TENSE
Future tense adalah tense yang merujuk ke masa depan, dan masa depan mengandung
ketidakpastian (uncertainty). maka dalam pengungkapannya future tense terbagi atas tingkat
kepastian sebagai berikut :
1. Akan terjadi di masa depan tetapi mengandung kemungkinan gagal.
* I will go to Jakarta nexth month. (Saya akan pergi ke Jakarta bulan depan tetapi belum pasti)
* She will help her mother.
* Ani will write a novel
2. Akan terjadi di masa depan dan sudah ada persiapan.
* I am going to repair the fence tomorrow. (mungkin sudah membeli peralatan untuk memperbaiki)
* She is going to continue studu in Havard University.
* Chris John is going to defence his title in Texas.
3. Untuk mengungkapkan tingkat kepastian yang tidak mungkin batal digunakan bentuk tense
FUTURE CONTINUOUS. Bentuk kalimatnya samadengan present continuous.
* I am going to Bandung tomorrow.
* They are playing football this evening.
* He is reading your article soon.
* I am buying the car tomorrow.
FUTURE CONTINUOUS seakan-akan menempatkan kondisi present continuous (kondisi yang
sedang berlangung) sedang terjadi di masa depan.
PELAJARAN 55 : PRESENT PERFECT TENSE
Present perfect tense digunakan pada kondisi-kondisi sebagai berikut :
1. Ketika suatu kejadian sudah terjadi tetapi periode waktunya belum berakhir.
* I have read ten books this month. (Saya telah membaca 3 buah buku bulan ini, tetapi bulan ini
belum berakhir ketika kalimat tersebut dinyatakan)
2. Ketika tidak diketahui kapan kejadian tersebut berlangsung/sudah berlangsung tapi tidak diketahui
kapan waktunya.
* Susan has broken her ruler again. (Susan telah mematahkan penggaris di suatu waktu tetapi
kapan waktunya tidak diketahui).
3. Ketika suatu kejadian baru saja berlangsung dan akibatnya / pengaruhnya masih berlangsung.
* My uncle has just arrived this morning. (Paman saya baru saja datang tadi pagi)
4. Ketika digunakan untuk menyatakan suatu durasi waktu tertentu.
* He has studied in USA for two years. (Ia telah belajar di Amerika selama 2 tahun)
* She has lived here since 1960. (Ia telah tinggal di sini sejak tahun 1960)
Jadi secara awam present perfect tense menyatakan suatu kondisi yang melibatkan masa lalu, masa
kini dan masa datang secara bersamaan. Artinya kejadian tersebut telah terjadi di masa yang lalu,
masih berlangsung ketika dinyatakan, dan masih terjadi di masa depan untuk waktu yang tidak
spesifik. Berdasarkan namanya kita bisa lihat bahwa present perfect tense adalah present tense yang
sempurna (meliputi masa lalu, masa kini dan masa yang kan datang).
PELAJARAN 56 : PRESENT PERFECT TENSE
Present perfect tense dibentuk dengan menggunakan have / has + verb 3 (kata kerja bentuk ke-3).
Contoh
I do my englishhomework (present tense)
I am doing my english homework (present continuous tense)
I did my english homework(Past tense)
I will do my english homework (Future tense)
Kata yang bercetak tebal adalah pusat perubahan dalam tense bahasa inggris, untuk perfect tense
perubahannya adalah sebagai berikut :
I - have done - my english homework
Terdapat kata bantu have/has + kata kerja bentuk ke-3
have digunakan untuk subyek I, You, We , They
has digunakan untuk subyek He, She , It
Untuk kalimat nominal seperti :
I am in Jakarta
I was in Jakarta
I will be in Jakarta
Perubahan dalan present perfect tense adalah sebagai berikut:
I - have been - in Jakarta
Untuk to be am/was/menjadi have been
Untuk to be is/ was/menjadi has been
Untuk tobe are / were menjadi have been
Daftar kata kerja bisa dilihat di pelajaran 12,13, 14
PELAJARAN 57 : QUESTION TAG
Question Tag adalah bentuk kalimat tanya yang pola kalimatnya menggunakan kata tanya pada akhir
kalimat. Kalimat tanya ini biasanya tidak membutuhkan jawaban karena digunakan untuk
menanyakan hal-hal yang diyakini benar oleh sang penanya.
Contoh : Langit itu biru bukan? Salju itu putih bukan?
Pola kalimat ini digunakan untuk menanyakan suatu informasi atau meminta pertolongan. Meminta
pertolongan atau bertanya dengan menggunakan question tag berkesan lebih sopan.
Contoh :
Where is the post office? (berkesan tidak cukup sopan)
Do you know where the post office is? (agak lebih sopan)
You wouldn't know where the post office is, would you?
Berdasarkan bentuk kalimatnya dibedakan menjadi tiga yaitu :
* Positive Statement
* Negative Statement
* Command / Request
PELAJARAN 58 : QUESTION TAG 2
Basic structure :
Positive statement >>>>> negative tag
The sky is blue, isn't it?
Negative statement >>>>> positive tag
You do not like football, do you?
Bentuk khusus :
I am finish, aren't I? (bukan am not I)
You have to go, don't you? ( bukan haven't you? )
Let's go, shall we? (bukan isn't, karena let's = let us)
Nothing came in the post, did it? (Nothing, nobody, merupakan bentuk negatif)
He'd better do it, hadn't he? (had better, bukan auxillairy)
PELAJARAN 59 : QUESTION TAG 3
Contoh-contoh kalimat
You are coming, aren't You?
We have finished, haven't we?
You do like coffee, don't you?
You like coffee, dont you?
They will help, won't they?
I can come, can't I?
We must go, musn't we?
He should try harder, shouldn't they?
You are Indonesian, aren't You?
John was there, wasn't he?
It isn't rain, is it?
We have never seen that, have we?
You don't like coffee, do you?
They will not help, will they?
They won't report us, will they?
I can never do it right, can I?
We musn't tell her, must we?
He shouldn't drive so fast, should he?
You aren't American, are You?
John was not there, was he?
But you don't really love her, do you?
This will work, won't it?
Well, I couldn't help it, could I?
But you'll tell me if she calls, won't you?
We'd never have known, would we?
The weather's bad, isn't it?
You won't be late, will you?
Nobody knows, do they?
Latihan percakapan
A: Hello, Bud. How are you?
A: Hello, Bud. Apa kabar?
B: Ani! It's nice to see you.
B: Ani!. Senang berjumpa kamu.
A: Do you work in this neighborhood, Bud?
A: Apakah kamu bekerja di sekitar sini, Bud?
B: No, but I live near here. I live in a house down the street.
B: Tidak, tapi Saya tinggal di dekat sini. Saya tinggal di sebuah rumah di jalan itu.
*******************************************************************************************************************
************************
A: What about you? Do you work around here?
A: Kalau kamu? Apa kamu kerja di sekitar sini?
B: Yes. I work across the street
B: Ya. Saya kerja di seberang jalan itu
A: At First National Bank?
A: Di First National Bank?
B: No, at Budi's Restoran.
B: Tidak, di Restoran Budi
WHERE DO YOU LIVE?
A: Where do you live?
B: I live on Mawar street.
A: Where on Mawar street?
B: At eleven. Next to the cinema.
A: Di mana kamu tinggal?
B: Saya tinggal di Jl.Mawar
A: Jalan Mawarnya di mana?
B: Di (nomor) sebelas. Di samping bioskop
WHAT DO YOU DO?
A: What do you do?
B: I'm a salesman.
A: Where do you work?
B: At motorspeed inc
A: Apa pekerjaanmu?
B: Saya seorang wiraniaga.
A: Di mana kamu bekerja?
B: di PT Motorspeed
Tentang do-does / s-es
Pada pelajaran 23 ada tiga pertanyaan yang sering ditanyakan para pembelajar bahasa inggris
sebagai berikut:
* Bagaimana dan mengapa kok tiba-tiba muncul DO-DOES dalam kalimat negatif?
* Mengapa DO-DOES tidak muncul dalam kalimat positif?
* Mengapa dalam kalimat yang menggunakan subyek orang ke-3 tunggal (he-she) harus
menggunakan tambahan S/ES dan harus hilang ketika DOES muncul dalam kalimat negatif?
Dulu ketika saya menanyakan kepada guru smp saya, beliau mengatakan bahwa ini adalah peraturan
dalam bahasa Inggris, dan memang sudah begitu dari sononya, dan pertanyaan MENGAPA tidak
terjawab.
Saya belum tahu apakah analisa saya ini benar, tapi coba kita lihat pendapat saya sebagai berikut :
1. Sebenarnya dalam kalimat positifpun ada kata kerja bantu DO dan DOES, misal
* I do go to the town
* She does work in the restaurant
* Shinta does play the piano well
2. Dalam penggunaannya sehari-hari kata bantu ini tidak disebutkan dan tersembunyi, hanya sekalisekali
muncul untuk menyatakan penegasan.
* I do love You ( saya sungguh mencintai kamu)
* I do make it happen
3. Do dan does muncul dalam kalimat negatif dan positif, tentunya tidak mungkin do dan does muncul
begitu saja tanpa sebelumnya ada dalam kalimat positif.
4. Dalam kalimat positif yang menggunakan subyek orang ke-3 (he/she), kata kerja selalu
ditambahkan s/es karena adanya kata kerja bantu DOES yang tersembunyi.
* Shinta does play piano well menjadi Shinta plays piano well
* She does work in the restaurant menjadi She works in the restaurant
5. Dalam kalimat positif yang menggunakan subyek orang pertama dan kedua / orang ketiga jamak
tidak ada penambahan s/es karena unsur kata kerja bantu yang digunakan adalah DO, bukan DOES.
Jadi hal ini menjawab pertanyaan pembelajar bahasa inggris tentang mengapa harus ada
penambahan s/es pada kata kerja yang subyeknya orang ketiga tunggal (pada present tense), dan
mengapa do dan does muncul dalam kalimat tanya dan kalimat negatif tetapi tidak terlihat di kalimat
positif.
Bagaimana menurut anda?
PELAJARAN 60 : PRESENT PERFECT CONTINUOUS
Present perfect continuous adalah tenses yang mempunyai kegunaan sebagai berikut :
1. Untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian telah dimulai di masa yang lampau dan tetap/ sedang
berlangsung ketika kejadian tersebut sedang diceritakan.
2. Untuk menunjukkan suatu durasi waktu, seperti selama 1 minggu, selama dua jam, sejak dua
hari yang lalu.
Contoh : Saya telah (dan sedang) menunggu di sini selama empat jam. Mereka telah (dan
sedang) berbicara sejak jam lima sore.
3. Present perfect continuous sering pula dinyatakan sebagai suatu situasi yang disebut "baru-baru
ini" atau "belakangan ini"
4. Tense ini juga digunakan untuk menanyakan /menduga apa yang dialkukan oleh seseorang
berdasarkan yang kita lihat, atau mungkinkita rasakan, kita membaui sesuatu, atau kita mendengar
tentang suatu hal. Pertanyaan ini untuk menanyakan hal-hal yang bersifat dugaan.
5. Bentuk ini juga digunakan untuk menunjukkan suatu kejadian yang telah selesai, tetapi kita
masih melihat dampaknya.
6. Untuk menunjukkan suatu kegiatan yang belum selesai.
7. Tense ini juga digunakan untuk menunjukkan serangkaian kegiatan, misalnya menulis
serangkaian posting di blog selama beberapa bulan.
Contoh untuk Pelajaran 60
Contoh untuk kegunaan 1 dan 2 :
He has been working at that company for five years
What have you been doing for the last 20 minutes?
John has been teaching at that kindergarten since February
Why has Nina not been taking her medicine for the last three days?
Tanda waktu yang digunakan :
For.....
Since.......
PELAJARAN 61 : PRESENT PERFECT CONTINUOUS
Bentuk umum : has/have + been + present participle (verb 3)
PELAJARAN 62 : PRESENT PERFECT CONTINUOUS
Kita dapat menggunakan Present perfect tense tanpa durasi waktu seperti "for two weeks" (selama 2
minggu), "for an hour" dsb.
Tanpa durasi waktu tense ini mempunyai makna secara umum sebagai "Lately" / "recently" (akhirakhir
ini).
Tanda waktu yang digunakan adalah RECENTLY / LATELY untuk menekankan makna.
Contoh :
* Recently, I have been feeling really tired.
* She has been reading too much book lately
* Have you been exercising lately?
* Marry has been feeling a little depressed
* Lisa has not been practicing her English
* What have you been doing?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar