Selasa, 06 November 2012

Tips for English - 1

Boleh saya sharing belajar bahasa Inggris yang mudah.
Ini pengalaman saya.

Adapun ringkasann metodenya spt di bawah ini. Di dalam workshop pembahasannya lebih detail. Dan pasti ada tanya jawabnya. Jadi lebih klear. kalau sekedar di milis ini sangat terbatas., Terutama untuk tabel-tebel dan diagram sering kali beantakan. 


Masrur Ch.

 
INI LHO CERITANYA CARA SAYA BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MUDAH
 
Kita semua semua pasti sudah pernah belajar bahasa Inggris. Persoalannya banyak dari kita yang sampai saat ini tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik. Banyak sekali alasan dan penyebabnya. Untuk itu ada baiknya mempertimbangkan cara pembelajaran yang kami tawarkan.
Pembelajaran bahasa Inggris ada yang dilakukan dengan cara membeo atau mengikuti apa yang dikatakan oleh guru/orang. Cara ini akan tepat untuk pembelajaran percakapan atau pada pengajaran bahasa untuk anak-anak.  Namun pembejaran semacam ini akan kurang tepat bagi pembelajaran untuk orang dewasa di Indonesia yang sudah cara berbahasa ibunya telah melekat dan cara berfikirnya sudah dipengaruhi kultur bahasa Indonesia yang memang berbeda.  Selain memerlukan waktu yang panjang, orang dewasa akan kesulitan belajar hanya dengan membeo karena cenderung akan membosankan dan banyak lupa.
Untuk itu bagi mereka mencoba pembelajaran dengan cara analisis dan pemahaman (pendekatan penerjemahan) perlu dicoba. Sebab pola pembelajaran seperti ini ternyata banyak yang merasa berhasil meningkatkan kemampuan berbahasa terutama untuk meningkatkan kemampuan READING, WRITING, DAN TRANSLATING. 
Basis pembelajaran ini adalah pemahaman SPO concept. yang merupakan struktur bahasa yang universal yang digunakan untuk menganalisa struktur bahasa. Sejak dini peserta didik akan dikenalkan struktur dasar penyusun kalimat yakni Subject, Predicate dan Complement (Kata keterangan).  Subject adalah masalah pokok yang akan dibicarakan (harus berupa kata  benda atau yang dibendakan) sementara predicate adalah penjelasan mengenai subject itu; Jika kalimatnya menggunakan kata kerja (verbal) maka digunakan kata kerja sebagai predicaktnya, namun jika kalimatnya tidak menggunakan kata kerja maka (kalimat non verbal) maka kalimat itu harus menggunakan to be sebagai predikatnya.
Sementara kata keterangan bisa berupa kata sifat, kata benda, kata kerja (yang dibendakan/atau berfungsi sebagai kata keterangan). Dengan pemahaman ini maka peserta didik asal sudah diajarkan mengenai bentuk benttuk kata akan bias menyusun kalimat dasar.
 
Contoh:
Jalan itu (adalah) licin
Narkoba (adalah) sangat berbahaya
PT Usaha Jaya akan membangun jalan itu
Saya belajar bahasa di Universitas
 
Karena kita sudah tahu bahwa subject harus kata benda atau yang dibendakan, maka ketika mencari di kamus, kita harus memilih kata benda yang sesuai untuk menjadi subject. Kemudia kita juga memilih kata kerja atau to be yang sesuai untuk menduduki posisi predicat.  Dari kamus akan diperoleh sbb.
 
BHS INDONESIA
BHS INGGRIS
FUNGSI
Jalan itu
=  The street (n)
(kata benda)
(adalah)
= is
(to be)
Licin
= slippery (adj)
(kata sifat /adjective)
narkoba
= narcotic  (n)
kata benda
(adalah)
= is
(to be)
Sangat berbahaya
= very dangerous
(kata sifat
PT Usaha Jaya
= nama diri (n)
(kata benda)
akan membangun
= will constructs
kata kerja
jalan itu
= the street
(kata benda)
Saya
= I
(kata ganti benda)
belajar
= learn
(kata kerja)
bahasa
= language
(kata benda)
di Universitas
= in University
(kata benda dg kt depan)
 
Berdasarkan data-data di atas maka kalau disusun akan menjadi
 
SUBJECT
PREDICATE
COMPLEMENT
Jalan itu
(adalah)
licin
The street
is
very slipery
 
 
 
Narkoba
(adalah)
sangat berbahaya
Narcotic
is
very dangerous
 
 
 
PT Usaha Jaya
akan membangun
jalan itu
PT Usaha Jaya
will construct
the street
 
 
 
Saya
belajar
bahasa di Universitas
I
learn
language in University
 
Penyusunan kalimat ini sederhana dan amat mudah. Ibaratnya kita hanya tinggal menempatkan unsur-unsur kalimat itu pada tempatnya. Ini adalah langkah pertama dan tentu masih banyak yang salah.
Secara ringkas kandang fungsi berikut mungkin bisa menjelaskan bagaimana kalimat itu bisa disusu. Yang perlu diingat, kandang fungsi adalah untuk satu kalimat sempurna. Jika kalimat itu kalimat majemuk, maka itu berarti dua atau tiga kalimat yang semua bisa dibreakdown dalam kandang fungsi ini.
 
SUBJ.
PRED.
OBJ./COMPLEMENT
 
NOUN
VERB/
TO BE
(PREP) NOUN
ADJECTIVE
TO+VERB I       (untuk me…(aktif))
VERB+ING        (yg/dg/sambil me..)
VERB III            (yg/dg di…)
ADVERB
Fungsi dalam kalimat
Swimming
is
my hobby
noun
I
like
swimming
noun (gerund)
The store
is
behind the supermarket
prepositional phrase
She
is
happy
adjective
The book
Is
interesting to read
adjective (phrase)
I
want
to see my mother
to+verb III
I
saw
him wearing a black leather jacket made inbandung
verb+ing =(dg) memakai/
verb III = yg dibuat
He
fired
wounding one of the bandits
verb+ing = dg melukai
He
gave
me a bag wrapped with plastic
verb III = yg dibungkus
I
want
to buy the book displayed in the store
verb III = yg dipajang
H e
come
here quickly
adverb = dengan cepat
 
Lihatlah bentuk-bentuk kata kerja setelah predicate. Coba latih.
 
Prinsipnya dengan memasukkan kata-kata ke dalam kandang tersebut sesuai dengan fungsinya maka kalimat akan benar secara grammar (walau tetap ada beberap pengecualian). Dengan demikian dengan satu rumus ini anda dapat menyusun berbagai bentuk kalimat. Kandang fungsi di atas juga dapat digunakan untuk analisa makna kalimat untuk membaca dan menerjemahkan.
Berikut adalah contoh untuk kalimat majemuk dalam kandang fungsi yang disusun melebar.
 
S
P
C
S
P
C
The street
is
very slippery    therefore
PT Usaha Jaya
constructs
the street
The man
is
very happy      because
his son
has come
home
He
was
here,                but
he
doesn’t know
anything
 
Setelah kita dapat menyusun kalimat majemuk seperti di atas, kita akan membuat kalimat majemuk yang lebih sulit. Terus dan terus berlatih dari kalimat sederhana, kalimat negative, kalimat tanya, tensis kalimat majemuk yang sederhana kemudian kalimat yang lebih kompleks.  Kita juga akan belajar menyusun  kalimat yang dalam bahasa Indonesianya tidak jelas subjectnya atau predikatnya. Semua tetap akan semudah menyusun kalimat sederhana. 
Tentu pada tahapan ini bahasa Inggris belum sempurna. Namun dengan terus berlatih kita akan semakin kaya kosa kata, dengan belajr mengucapkan dengan dibimbing  guru, kita akan fasih.
Formula ini adalah hanya untuk sedikit memudahkan dalam proses pembelajaran. Tetap saja ada dari bahasa Inggris yang merupakan pengecualian. Tapi pengecualian ini tidak banyak dan sambil banyak membaca dan berlatih, kita akan dapat menguasainya juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar